Cara Parafrase

1 min read

Parafrase merupakan suatu cara untuk menyampaian konsep yang sebelumnya sudah ada dengan gaya penulisan berbeda, tetapi memiliki makna yang masih sama. Berikut akan dijelaskan tentang teknik dan cara parafrase yang benar agar terhindar dari plagiarisme.

Teknik Parafrase

Parafrase tulisan, tentunya memiliki teknik-teknik tertentu. Agar lebih jelas, yuk simak beberapa teknik dalam melakukan parafrase kalimat atau paragraf berikut ini.

  • Memahami Makna Teks yang Akan di Parafrase

Teknik pertama, yaitu Anda harus memahami makna atau inti dari teks yang akan di parafrase. Hal ini dilakukan agar hasil parafrase nantinya tetap memiliki makna yang sama dengan teks asli, tanpa ditambah maupun dikurangi.

Ketika sudah paham konsep, maka akan mempermudah Anda dalam melakukan explore kosakata, sehingga menghasilkan tulisan yang sederhana. Hal penting dalam melakukan parafrase yaitu menggunakan ide pokok yang sama dengan gaya penulisan berbeda.

  • Memperhatikan Cara Penulisan

Teknik parafrase yang kedua, adalah memperhatikan cara penulisan yang benar. Jika menggunakan bahasa Indonesia, Anda dapat menggunakan rujukan dari Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Ketika melakukan parafrase merujuk pada pedoman yang benar, maka hasil tulisan Anda akan mudah dipahami dan enak untuk dibaca.

  • Memperbanyak Istilah dan Kosakata

Memperbanyak istilah dan kosakata termasuk salah satu teknik dalam melakukan parafrase kalimat. Ketika memahami banyak istilah dan kosakata, maka akan memudahkan Anda ketika memilih diksi untuk parafrase.

Cara memperbanyak istilah dan kosakata dapat dilakukan dengan membaca dan memperlajari kata-kata yang rumit atau istilah baru. Dengan memerkaya istilah dan kosakata, Anda akan dapat melakukan parafrase tulisan dengan mudah.

Agar kata-katanya mudah dipahami oleh pembaca, maka gunakanlah Spinner parafrase yang tepat. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih ya.

  • Memperbanyak Wawasan dan Pengetahuan

Teknik lain dalam melakukan parafrase tulisan, yaitu dengan memperbanyak wawasan dan pengetahuan. Cara ini dapat dilakukan dengan membaca buku serta menyimak berita.

Tingginya wawasan dan pengetahuan akan membantu Anda ketika melakukan parafrase, sehingga menjadi lebih mudah dan cepat. Semakin banyak wawasan dan pengetahuan yang ada, maka akan semakin mudah pula Anda melakukan parafrase tulisan.

Cara Melakukan Parafrase

Setelah mengetahui tekniknya, saatnya Anda melakukan parafrase. Ada beberapa cara yang dilakukan agar hasil parafrase mudah dipahami, enak dibaca, dan tentunya terhindar dari plagiarisme. Simak cara-cara dalam melakukan parafrase berikut ini.

  • Baca Tulisan Secara Menyeluruh

Cara parafrase yang pertama yaitu dengan membaca seluruh tulisan yang akan di parafrase. Jangan hanya membaca tulisan satu kali, namun lakukan secara berulang hingga Anda memahami makna sepenuhnya dari tulisan.

  • Tulis Konsep Utama

Setelah menemukan makna dan konsep dari tulisan, tulislah konsep utama tersebut agar Anda mudah untuk mengembangkannya. Jangan lupa untuk menuliskan kata-kata dengan diksi yang rumit atau kata dengan istilah baru.

  • Mulai Melakukan Penulisan

Langkah selanjutnya, yaitu memulai melakukan penulisan menggunakan bahasa Anda sendiri. Usahakan ketika menulis tulisan baru, jangan melihat tulisan asli agar Anda dapat mengembangkannya dengan mudah.

  • Bandingkan Hasil Parafrase dengan Tulisan yang Asli

Ketika selesai menulis, bandingkan hasil tulisan parafrase Anda dengan tulisan yang asli. Inti dari kegiatan parafrase yaitu menggunakan ide pokok yang sama dengan gaya bahasa yang berbeda. Anda dapat melakukan penyesuaikan frasa agar hasil tulisan berbeda dengan sumbernya.

  • Tulis Sumber Tulisan Asli di Daftar Pustaka

Agar terhindar dari plagiarisme, tulis sumber asli dari tulisan tersebut pada daftar pustaka. Hal ini penting dilakukan, agar tulisan Anda tidak terkensan menjiplak karya milik orang lain.

Teknik dan cara parafrase di atas dapat Anda coba untuk menulis beberapa karya ilmiah seperti artikel, jurnal, skripsi, dan sebagainya. Meskipun hasil parafrase berbeda dengan sumber aslinya, Anda harus tetap menuliskan sumber tulisan tersebut.

Parafrase Adalah

admin
1 min read

Contoh Parafrase Puisi Ibu

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *