Parafrase Adalah

1 min read

Parafrase adalah mengungkapkan kembali suatu struktur bahasa ke dalam bentuk lain tanpa mengganti maknanya. Berikut penjelasan lengkap seputar parafrase yang bisa Anda baca di bawah ini:

Pengertian Parafrase

Parafrase yaitu mengungkapkan kembali pada sebuah struktur Bahasa seperti karya sastra ke dalam bentuk karya sastra yang lain, tanpa mengubah, mengganti atau menghilangkan makna asli dari isi suatu karya sastra tersebut.

Tujuan Parafrase

Penggunaan parafrase memilki beberapa tujuan. Beberapa tujuan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Menjauhi Plagiarisme

Salah satu tujuan utama parafrase bagi seorang penulis yaitu untuk menghindari adanya plagiarism dalam karyanya. Plagiarisme sendiri merupakan menjiplak atau meniru karya orang lain yang akan menimbulkan pelanggaran terhadap hak cipta. Sederhananya plagiarisme merupakan mencuri karya orang lain.

Dengan adanya parafrase ini, penulis dapat mengubah serta mengganti kata-kata dalam karyanya apabila menggunakan referensi dari karya orang lain, namun tidak menyeluruh dan terbebas dari plagiarism.

Menyederhanakan Tulisan Agar Mudah Dimengerti

Tujuan parafrase lainnya yaitu menyederhanakan teks yang dapat memudahkan pembacanya untuk memperoleh informasi dari karya sastra tersebut.

Menjelaskan Makna yang Tersembunyi

Tujuan lainnya dari parafrase adalah mengurai karya sastra tersebut untuk menjelaskan makna-makna yang tersembunyi di dalamnya, yang tidak dijelaskan secara langsung oleh penulis.

Cara Membuat Parafrase

Terdapat beberapa cara dalam membuat parafrase, yang bisa dimulai dengan membaca karya atau struktur Bahasa secara berulang-ulang agar dapat memahami isi di dalamnya. Selanjutnya yaitu dengan mencatat beberapa konsep utama yang dimiliki tulisan.

Proses dilanjutkan dengan menuliskan kembali karya satra ke dalam Bahasa sendiri. Dengan begitu, Anda dapat membandingkan tulisan Anda dan karya sastra asli tadi, apakah sudah sesuai. Serta yang terakhir yaitu dengan mengutip sumber yang Anda gunakan dalam melakukan parafrase tersebut.

Agar kata-katanya mudah dipahami oleh pembaca, maka gunakanlah Spinner parafrase yang tepat. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih ya.

Tips Membuat Parafrase

Bedakan Kalimat Utama Dengan Yang Aslinya

Tips yang pertama yaitu dengan membedakan kalimat pertama yang dipakai dengan tulisan yang digunakan referensi parafrase. Contohnya seperti menyebutkan beberapa informasi dengan urutan yang berbeda dengan tulisan aslinya.

Gunakan Kata Sinonim

Tips berikutnya yaitu dengan menggunakan kata sinonim agar kata yang diciptakan berbeda dengan aslinya, namun isi dan pemaknaan tetap memiliki kesamaan. Contohnya ketika tulisan utama menggunakan kata melalui, maka And dapat menggunakan sinonimnya yaitu melewati.

Hal ini dapat membuat Anda terhindar dari plagiasrisme. Namun makna serta arti dari tulisan tersebut tidaklah berubah.

Ubahlah Struktur Dari Kalimat

Selanjutnya yang harus diperhatikan dalam parafrase adalah dengan mengubah struktur dari kalimat yang digunakan. Hal ini dapat Anda terapkan dengan mengganti kalimat aktif menjadi kalimat pasif, atau sebaliknya.

Pisahkan Informasi Secara Terpisah

Dalam parafrase hal ini dapat dijadikan tips untuk menambah jumlah pada kata yang dihasilkan. Dalam tulisan asli yang terdapat kalimat panjang yang memilki informasi, Anda dapat memisahkannya menjadi dua kalimat. Anda bisa juga melakukan sebaliknya, membuat dua informasi menjadi satu kalimat informasi.

Perbedaan Parafrase Dengan Kutipan Langsung

Terdapat sebuah pendapat bahwa parafrase tidak jauh berbeda dengan kutipan langsung. Lalu, apa perbedaan dari keduanya? Pada parafrase pembaca dituntut untuk memahami dengan jelas maksud dari teks yang dibaca. Klimat yang digunakan juga mendominasi isi dari tulisan tersebut.

Sedangkan kutipan langsung yaitu memberikan sebuah istilah yang tepat dengan menyatakan sesuatu terhadap Bahasa penulis. Dalam pembuktiannya, kutipan langsung seringkali mempunyai bukti kuat dalam emndukung argument. Terakhir, kutipan langsung identic dengan kritik terhadap analisis tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *