Parafrase Puisi Adalah

1 min read

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa kegiatan copy paste merupakan hal yang dilarang. Untuk menghindari plagiarism, Anda bisa melakukan parafrase. Lalu apa yang dimaksud dengan parafrase puisi? Berikut adalah beberapa hal mengenai parafrase puisi adalah yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Parafrase Puisi

Parafrase merupakan pengungkapan suatu kata kembali, kalimat, tata Bahasa atau pernyataan ke dalam bentuk lain tanpa mengubah pemaknaan hakikinya. Sedangkan, parafrase puisi yaitu pengungkapan kembali sebuah puisi ke dalam bentuk lain tanpa mengubah makna atau arti puisi tersebut.

Parafrase puisi juga bisa diartikan menjadi kegiatan penguraian kalimat atau tata Bahasa dengan menambah kata lainnya. Hal tersebut berguna untuk memperjelas isi atau maksud dari puisi, dengan mengartikan lambang atau menambahkan beberapa imbuhan.

Jenis Parafrase Puisi

Dari segi penyampaiannya, parafrase terdapat dua jenis, yaitu parafrase lisan dan parafrase tulisan. Berikut penjelasannya:

Parafrase Lisan

Parafrase lisan yaitu pengungkapan kembali sebuah puisi ke dalam bentuk lain dan dilakukan secara lisan, atau langsung.

Parafrase Tulisan

Sedangkan parafrase tulisan yaitu pengungkapan kembali sebuah puisi ke dalam bentuk lain dalam bentuk tulisan.

Namun, dari segi kebebaan, parafrase puisi adalah memiliki dua jenis, yaitu parafrase terikat dan parafrase bebas. Penjelasannya sebagai berikut:

Parafrase Terikat

Parafrase terikat yaitu sebuah parafrase yang ditambah atau disisipkan dengan sejumlah kata, tanpa mengubah kata-kata asli puisi. Maksudnya yaitu wajib menggunakan kata-kata asli dari puisi tersebut dengan menambah kata lain selain dalam puisi.

Parafrase Bebas

Sedangkan parafrase bebas adalah mengubah puisi menjadi sebuah prosa dengan menggunakan kata-kata sendiri. Maksudnya yaitu Anda tidak diwajibkan memakai kata-kata dalam puisi. Bisa menggunakan kata dalam puisi tersebut ataupun tidak.

Hal tersebut tidak mengubah makna dari puisi yang diparafrasekan. Tetapi, Anda diberi kebebasan dalam menggunakan kata-kata.

Langkah-Langkah Parafrase Puisi

Memparafrasekan puisi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengungkapkan atau menunjukkan sisi puisi tersebut, mulai dari isi, tema serta amanat yang dikandungnya. Adapun beberapa langkah-langkah dalam memparafrasekan puisi, yaitu:

Memahami Puisi

Sebelum memparafrasekan sebuah puisi, hendaknya pahami dahulu puisi tersebut. Baca secara keseluruhan serta pahami kalimat demi kalimat. Anda juga bisa memanfatkan berbagai media untuk membantu memahaminya. Seperti, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau buku sastra lainnya.

Kuasai Konvensi Bahasa

Untuk melakukan parafrase puisi, Anda juga harus menguasai beberapa konvensi Bahasa, contohnya tata Bahasa, kosa kata ataupun ejaan dalam Bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan ketika menerjemahkan, Anda bisa menemukan adanya penyimpangan atau keunikan dalam aspek Bahasa pada puisi tersebut.

Parafrasekan Kedalam Bentuk Baru

Setelah melakukan hal di atas, Anda dapat neyusun kalimat hingga menjadi paragraph dengan tanda baca lengkap. Langkah terakhir yaitu tulis kembali teks puisi tersebut ke dalam bentuk baru. Parafrase puisi umumnya akan berbentuk prosa serta menjurus kepada makna denotative.

Kemudian, bandingkan antara teks puisi dengan bentuk baru (prosa) tersebut. Pastikan hal yang disampaikan semakna dan tidak melenceng dengan isi puisi.

Tujuan Parafrase

Tujuan parafrase puisi adalah untuk mengungkapkan berbagai sumber informasi yang di dengar atau dibaca. Kemudian, diubah bentuk menjadi informasi dengan bentuk baru yang berbeda, namun memiliki maksud dan tujuan yang tetap sama.

Adapun tujuan lain dari parafrase puisi yaitu mengungkapkan kembali tek puisi ke dalam bentuk dan susunan baru. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda dapat mengurai makna yang tersembunyi di dalamnya.

Agar kata-katanya mudah dipahami oleh pembaca, maka gunakanlah Spinner parafrase yang tepat, jangan sampai salah memilih ya.

Parafrase Adalah

admin
1 min read

Contoh Parafrase Puisi Ibu

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *