Pengertian Parafrase

1 min read

Penggunaan parafrase dapat membantu mengungkapkan makna sebenarnya pada sebuah karya sastra. Namun, sebelum itu tahukah Anda apa yang dimaksud dengan parafrase? Berikut hal-hal seputar hal tersebut, mulai dari pengertian parafrase, ciri-ciri, jenis-jenis hingga langkah-langkah untuk membuatnya.

Pengertian Parafrase

Parafrase berasal dari kata baku parafrasa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, parafrase yaitu mengungkapkan kembali suatu pernyataan karya sastra dengan bentuk pernyataan yang berbeda, namun tidak mengganti makna aslinya.

Dari penjelasan tersebut, Anda bisa mengartikan parafrase sebagai sebuah metode yang digunakan untuk mengungkapkan kembali sebuah karya tulis dengan susunan bahasa yang berbeda. Meskipun menggunakan susunan bahasa yang berbeda, tetapi tetap memiliki makna sama.

L Behrens, dalam buku yang berjudul A Sequence For Academic Writing, juga mengartikan parafrase  sebagai sejenis rangkuman yang ditulis ulang. Penulisan yang dimaksud merupakan penulisan yang menggunakan kata-kata sendiri secara tajam untuk mengutarakan kembali inti dari penulis.

Kesimpulan yang di dapat dari pengertian di atas yaitu sama halnya ketika Anda mendengar suatu cerita dari orang lain. Lalu, Anda menceritakan kejadian tersebut kepada orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda, tanpa mengubah isi dari ceritanya.

Ciri-Ciri Parafrase

Beberapa ciri-ciri dari sebuah parafrase yaitu pertama, mempunyai bentuk pernyataan yang berbeda dengan sumber utama. Hal yang dimaksud sumber utama yaitu sebuah pernyataan, tuturan atau tatanan bahasa yang akan diparafrase nantinya.

Kedua, yaitu mempunyai struktur serta penyampaian dalam bentuk bahasa yang berbeda dari sumber utama. Selanjutnya, yaitu isi arti yang tidak berbeda dari sumber utamanya. Tidak mengubah, mengurangi ataupun menambahkan arti dalam pernyataan tersebut.

Agar kata-katanya mudah dipahami oleh pembaca, maka gunakanlah Spinner parafrase yang tepat. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih ya.

Ciri-Ciri Parafrase Menurut Defiance College Pilgrim Library di Amerika Serikat

Setelah mengetahui pengertian parafrase di atas, bahwa terdapat ciri-ciri lain yang lebih efektif. Beberapa ciri-ciri tersebut yaitu bersifat asli. Disini yang dimaksud asli yaitu bukan hanya mengganti, menyalin, dan mengubah baik dari struktur bahasa hingga frasa, namun menulisnya dalam bahas sendiri sesuai isi.

Ciri selanjutnya yaitu akurat. Parafrase terebut harus menggambarkan gagasan utama yang dikandung sumber utama. Kemudian objektif, yaitu pada isi dari parafrase tersebut tidak mengandung opini yang bersifat pribadi.

Ciri yang terakhir yaitu lengkap. Lengkap yang dimaksud yaitu gagasan yang bersifat penting pada sumber utama harus ada setelah di parafrasekan. Dengan demikian, hasil dari parafrase bisa dipahami sama halnya memahami tulisan aslinya.

Jenis-Jenis Parafrase

Berdasarkan pada jenisnya, penyampian parafrase dibagi menjadi dua, yaitu parafrase lisan dan parafrase tulisan. Untuk lebih jelasnya, simak dalam penjelasan berikut.

  • Parafrase Lisan

Parafrase lisan yaitu pernyataan dari suatu struktur bahasa yang disampaian secara langsung oleh pemparafrase.

  • Parafrase Tulisan

Perafrase tulisan yaitu pernyataan dari suatu struktur bahasa yang disampikan menggunakan teks, namun maknanya masih melekat pada struktur tersebut.

Sedangkan menurut tingkat dalam kebebasan berparafrase, dibagi menjadi dua, yaitu parafrase terikat dan parafrase bebas.

  • Parafrase Terikat

Paraftrase terikat yaitu kegiatan memparafrasekan suatu struktur bahasa yang mana harus menyertakan beberapa kata asli yang dikandung oleh tulisan aslinya.

  • Parafrase Bebas

Parafrase bebas yaitu kegiatan memparfrasekan suatu struktur bahasa, namun dalam pernyampiannya tidak wajib menggunakan kata-kata asli, dan bebas menggunakan kata-kata sendri.

Pengertian parafrase, ciri-ciri hingga jenis-jenis dari parafrase di atas semoga dapat membantu Anda memahami apa itu parafrase. Meksipun terdengar sederhana, akan tetapi pada kenyataanya parafrase tidaklah mudah. Anda harus benar-benar memahami tulisan aslinya jika ingin melakukan parafrase.

Parafrase Adalah

admin
1 min read

Contoh Parafrase Puisi Ibu

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *